MANAJEMEN STRATEGI PT SAMSUNG ELECTRONICS INDONESIA

Disusun oleh :
MANAJEMEN SDM 2016
1.  Unzilla Ainun Ulfa               (7311416088)
2.  Fauzia Afifi                          (7311416097)
3.  Rizal Aji Kurnia P                (7311416102)
4.  Eka Nur Afiani                     (7311416103)
5.  Retno Sri Purwanti               (7311416105)
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
FAKULTAS EKONOMI, MANAJEMEN S1
TAHUN 2018


MANAJAMEN STRATEGI
PT SAMSUNG ELECTRONICS INDONESIA
A.          Profil Umum
Samsung merupakan salah satu perusahaan elektronik terbesar di dunia. Didirikan oleh Lee Byung-Chull pada tanggal 11 Maret 1938 di Daegu, Korea Selatan. Menurut pendirinya, arti kata Samsung adalah “tiga bintang”. Tiga melabangkan sesuatu hal yang besar, banyak, dan berkuasa. Sedangkan bintang berarti keabadian. Awalnya Samsung bermula sebagai perusahaan ekspor yang dengan cepat berkembang ke dalam 6 sektor bisnis yait telekomunikasi, peralata rumah tangga, media digital, LCD, semikonduktor, dan kendaraan bermotor. Hingga kini Samsung telah beroperasi di 58 negara dan memiliki lebih dari 208.000 pekerja. Samsung saat ini berada dalam masa kejayaannya dan merajai pasar smartphone dunia.
Sedangkan di Indonesia, Samsung berdiri dengan nama PT Samsung Electronics Indonesia, dan merupakan salah satu konglomerat terbesar di Indonesia. PT Samsung Electronics Indonesia didirikan oleh Lee Kang Hyun pada tahun 1986. Samsung memiliki lima core value yang menjadi kunci sukses perjalanan panjang Samsung dari masa ke masa yaitu People, Excellence, Change, Integrity, dan Co-Prosperity. Samsung merupakan perusahaan yang berstandar internasional dan mengedepankan kepatuhan terhadap hukum yang berlaku, mampu menjamin kesejahteraan karyawan yang menjadi aset utama, menciptakan lingkungan kerja yang baik dengan moto Great Work Place, dan mengedepankan keseimbangan hidup karyawannya dengan moto Work Life Balance. Perusahaan ini memproduksi Smart Phone, LED TV, STB, dan Blueray. 
Kantor Pusat : Cikarang Industrial Estate.Jl. Jababeka Raya Blok F29-33.Cikarang
B.          Visi, Misi dan Tujuan
Visi
"Menginspirasi Dunia, Menciptakan Masa Depan"
Misi
“Menginspirasi dunia dengan teknologi inovatif, produk dan desain yang memperkaya kehidupan masyarakat dan berkontribusi pada kemakmuran sosial dengan menciptakan masa depan baru”
Tujuan
1.  Market leader number one in sales, volume, and market share. Yakni menjadi pemimpin pasar dalam bisnis elektronik dengan volume penjualan nomor satu.
2.  Best distribution network, yakni memiliki jaringan distribusi yang luas
3.  Mengembangkan teknologi yang inovatif dan proses efisien yang menciptakan pasar baru
4.  Terus menjadikan Samsung sebagai pemimpin digital yang terpecaya
C.          Karakteristik Misi
1.    Customers : Tidak mencantumkan
2.    Product And Service : tidak dijelaskan secara spesifik hanya menyebutkan bahwa
 produk dan desain yang memperkaya kehidupan masyarakat”
3.    Markets: Tidak mencantumkan
4.    Technology: Mencantumkan dalam kalimat,
  “ Menginspirasi dunia dengan teknologi inovatif”
5.    Concern for survival, growth and profitability: Mencantumkan pada kalimat,
  “Menciptakan masa depan baru”
6.    Philosophy : Mencantumkan pada kalimat
  “Menginspirasi dunia dengan teknologi digital”
  “Produk dan desain yang memperkaya kehidupan masyarakat”
7.    Self-Concept: mencantumkan padaa kalimat
  “Produk dan desain yang memperkaya kehidupan masyarakat “
8.   Concern of public image : Mencantumkan pada kalimat
 “Berkontribusi pada kemakmuran sosial dengan menciptakan masa depan yang baru”
9.   Concern for employee : Tidak mencantumkan secara spesifik
D.          Audit Eksternal dan Internal

1)   Audit Eksternal
Ø Peluang (Opportunity)
1. Daya beli dan respon masyarakat yang tinggi terhadap perubahan pasar. (era digitalisasi)
2. Menyuguhkan produk yang disesuaikan dengan sasaran pangsa pasar, sehingga konsumen lebih leluasa dalam menentukan pilihannya dan tentunya akan menambah kepuasan terhadap konsumennya.
3.   Tingkat gengsi pada masyarakat yang selalu ingin memiliki produk elektronik terbaru dan canggih
4. Produk yang dapat saling terhubung dengan smartphone, sehingga memudahkan konsumen dalam melakukan kegiatannya, sekaligus dapat menjawab seluruh kebutuhan masyarakat saat ini yang didominasi oleh kaum millenial.
5.    60% produk Indonesia telah peka dan paham tentang teknologi digitalisasi
Ø Ancaman (Threats)
1.    Munculnya produk buatan China yang menawarkan harga lebih murah
2.   Tidak diminatinya salah satu produk. (hanya produk tertentu saja yang laku di pasaran)
3.   Adanya black market dan barang tiruan sehingga brand image ternodai
4. Peluncuran teknologi yang lebih inovatif ( e-sim oleh Apple Inc) dan beberapa teknologi yang mudah ditiru memungkinkan terjadinya perpindahan selera konsumen terhadap beberapa pilihan merk.
5.    Konsumen memiliki banyak pilihan terhadap merk lain.
2)   Audit Internal
Ø Kelebihan (Strength)
1.    Samsung memiliki brand image yang melekat di kalangan masyarakat
2.    Inovasi produk (software dan hardware), samsung sangat diunggulkan.
3.  Adanya diversifikasi produk yang dikeluarkan samsung, sehingga konsumen dapat memilih produk sesuai kebutuhannya.
4.    Harga produk Samsung bervariasi dan sesuai dengan pasar yang dituju.
5.   Samsung menjadi pelopor peluncuran beberapa teknologi seperti Iris Scanner, Mode Glove, Face Recognition, Curved Edge Display, multi windows, Heart Rate Sensor, QLED TV, Addwash (mesin cuci) dan Vacuum cleaner POWERbot)
Ø Kelemahan (Weakness)
1.    Bentuk dan desain yang terlalu monoton untuk beberapa produk.
2.    Adanya tekanan yang ketat pada karyawan untuk mencapai sasaran.
3.    Investasi yang tinggi pada Research & Development
4.    Suku cadang produk elektoniknya terkesan mahal dan sukar didapat
5.  Teknologi yang diciptakan samsung mudah ditiru, sehingga mudah memunculkan pesaing baru.
 MATRIKS IE

MATRIKS INTERNAL FACTOR EVALUATION (IFE)
INDIKATOR
BOBOT
RATING
SCORE
KELEBIHAN (STRENGTH)



Samsung memiliki brand image yang melekat di kalangan masyarakat
0,19
4
0,76
Inovasi produk (software dan hardware), samsung sangat diunggulkan.
0,08
2
0,16
Adanya diversifikasi produk yang dikeluarkan samsung, sehingga konsumen dapat memilih produk sesuai kebutuhannya.
0,11
3
0,33
Harga produk Samsung bervariasi dan sesuai dengan pasar yang dituju
0,07
2
0,14
Samsung menjadi pelopor peluncuran beberapa teknologi seperti Iris Scanner, Mode Glove, Face Recognition, Curved Edge Display, multi windows, Heart Rate Sensor, QLED TV, Addwash (mesin cuci) dan Vacuum cleaner POWERbot)
0,06
2
0,12
KELEMAHAN (WEAKNESS)



Bentuk dan desain yang terlalu monoton untuk beberapa produk.
0,10
3
0,30
Adanya tekanan yang ketat pada karyawan untuk mencapai sasaran.
0,07
2
0,14
Investasi yang tinggi pada Research & Development
0,18
4
0,36
Suku cadang produk elektoniknya terkesan mahal dan sukar didapat
0,05
1
0,05
Teknologi yang diciptakan samsung mudah ditiru, sehingga mudah memunculkan pesaing baru.
0,09
2
0,18
TOTAL
1,0

2,54


MATRIKS EXTERNAL FACTOR EVALUATION (EFE)

INDIKATOR
BOBOT
RATING
SCORE
PELUANG (OPPORTUNITY)



Daya beli dan respon masyarakat yang tinggi terhadap perubahan pasar. (era digitalisasi)
0,14
4
0,56
Menyuguhkan produk yang disesuaikan dengan sasaran pangsa pasar, sehingga konsumen lebih leluasa dalam menentukan pilihannya dan tentunya akan menambah kepuasan terhadap konsumennya.
0,07
2
0,14
Tingkat gengsi pada masyarakat yang selalu ingin memiliki produk elektronik terbaru dan canggih
0,04
1
0,04
Produk yang dapat saling terhubung dengan smartphone, sehingga memudahkan konsumen dalam melakukan kegiatannya, sekaligus dapat menjawab seluruh kebutuhan masyarakat saat ini yang didominasi oleh kaum millenial.
0,13
4
0,52
60% produk Indonesia telah peka dan paham tentang teknologi digitalisasi
0,09
3
0,27
ANCAMAN (THREATS)



Munculnya produk buatan China yang menawarkan harga lebih murah
0,13
4
0,52
Tidak diminatinya salah satu produk (hanya produk tertentu saja yang laku di pasaran)
0,08
2
0,16
Adanya black market dan barang tiruan sehingga brand image ternodai
0,14
4
0,56
Peluncuran teknologi yang lebih inovatif ( e-sim oleh Apple Inc) dan beberapa teknologi yang mudah ditiru memungkinkan terjadinya perpindahan selera konsumen terhadap beberapa pilihan merk.
0,09
3
0,27
Konsumen memiliki banyak pilihan terhadap merk lain.
0,09
3
0,27
TOTAL
1

3,31

KUADRAN MATRIKS IE



TINGGI
3,00 – 4,00
SEDANG
2,00 – 2,99
RENDAH
1,00 – 1,99
TINGGI
3,00 – 4,00
I
II
III
SEDANG
2,00 – 2,99
IV
V
VI
RENDAH
1,00 – 1,99
VII
VIII
IX
               
                REKOMENDASI STRATEGI :
PT SAMSUNG ELECTRONICS INDONESIA termasuk dalam kuadran II (menurut analisis matriks IE yang telah dilakukan), yaitu perusahaan dalam kondisi tumbuh dan membangun (growth and development), strategi intensif yang dilakukan antara lain : Penetrasi pasar, pengembangan produk, dan pengembangan pasar. Berikut penjelasannya:
1)   Penetrasi Pasar
Melakukan perluasan market share dengan usaha pemasaran dan promosi. Seperti yang telah kita ketahui bahwa PT Samsung Electronics Indonesia telah mampu melampaui target pasar dengan kelebihan dan kekuatan yang ada serta pemanfaatan peluang yang baik. Hal ini ditunjukkan bahwa SAMSUNG menduduki peringkat ke 2 dunia produk yang banyak dicari dan diminati oleh Pasar. Penetrasi Pasar, secara bertahap melalukan perluasan market share, dan promosi, dapat dilakukan dengan cara konsep pengenalan teknologi, melalui workshop atau acara-acara yang dapat memikat konsumen sekaligus sebagai ajang promosi produk, atau disebut konsep “door to door”.
2)   Pengembangan Produk
Melakukan modifikasi produk apabila produk telah mencapai posisi jenuh, hal ini juga telah dilakukan oleh SAMSUNG dan menjadi strategi yang sangat menonjol, dibuktikan adanya diversifikasi produk dalam satu tipe elektronik. Misalkan untuk produk smartphone seri J, terdiri dari J1, J2, J3,J4, J6, J7, J8 dsb. Pengembangan Produk, setelah diversifikasi produk menjadi strategi bertahan, karena saat ini samsung sedang merambah ke produk “home appliance”, rekomendasi strategi yang kami pikirkan adalah konsep “portable” contoh : setrika portable, printer portable dll.
3)   Pengembangan Pasar
Memperluas pangsa pasar yang secara geografis adalah wilayah baru. Hal ini oleh SAMSUNG dengan melakukan kerjasama (menambah partner secara berkala) dari setiap outlet/counter elektronik di seluruh indonesia, dengan begitu produk samsung dengan mudah di dapatkan di seluruh penjuru indonesia. Pengembangan Pasar, secara bertahap menambah mitra dengan toko-toko elektronik, sehingga produk dapat dijangkau sampai plosok negeri.

Komentar